Bahan Penyusun Gypsum dan Penggunaanya

0 Comments

Berbicara perihal gypsum, pastinya Anda sudah tidak asing bukan dengan istilah tersebut? Dalam dunia konstruksi, gypsum ini sudah banyak mendominasi berbagai material yang dibutuhkan dalam pembangunan. Dari mulai plafon, dinding, atau bahkan hiasan dekorasi interior dan partisi gypsum. Tak heran, berbagai usaha di bidang ini pun semakin gencar dan marak. Namun, tahukah Anda bahan apa saja sih yang menjadi penyusun material ini?

Gypsum dan Bahan Pembentuknya

 

Gypsum

Kebanyakan masyarakat percaya bahwa gipsum ini merupakan salah satu material bumi yang terbuat dari bebatuan. Padahal, gypsum merupakan salah satu material yang terbentuk dari kandungan mineral dalam bumi. Dikenal sebagai perekat mineral dengan sifatnya yang keras dan mempunyai ketahanan yang cukup kuat terhadap berbagai gangguan di lingkungan.

Untuk bahan penyusun baku dari gipsum ini adalah mineral hidrous kalium sulfat yang mana pembentukannya langsung terjadi di alam. Proses pembentukannya pun terjadi secara naturalisasi di alam, baik karena endapatan air laut, hingga proses vulkanik yang menyebabkan beberapa senyawanya bereaksi.

Sementara jika dilihat dari segi ilmiah kimiawinya, gipsum ini tersusun atas kandungan SO3, CaO dan H2O.  Namun kebanyakan gipsum yang ditemui dan dibuat sebagai bahan konstruksi atau industri lainnya, terbuat dari mineral sulfat.

Fungsi Gypsum dan Kegunaannya Pada Dunia Konstruksi

Seperti yang diketahui, kehadiran gipsum ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat. Bahkan kehadirannya membawa keuntungan sendiri bagi masyarakat di bidang industri hingga konstruksi. Pada dasarnya, material yang satu ini mempunyai permukaan dengan warnanya yang putih  dengan kilapan silky maupun sugary.

Dalam penggunaannya, gipsum terbagi kembali ke dalam dua kategori; telah dikalsinasi dan belum mengalami kalsinasi. Untuk gipsum yang belum mengalami proses kalsinasi, bentuknya masih seperti baku yang nantinya digerus dan dicampur dengan klinker. Kemudian, gipsum tersebut pun digunakan oleh industri sebagai semen Portland.

Sementara untuk gipsum yang sudah dikalsinasi, penggunaannya lebih beragam lagi. Lebih banyak digunakan di sektor konstruksi untuk pembangunan gedung, interior hunian atau gedung, dan lain sebagainya. Nantinya, gipsum ini dibuat menjadi plafon, wall board, keramik, dan partisi gypsum untuk sekat ruangan. Ada juga penggunaan lainnya di bidang kedokteran untuk beberapa jenis pengobatan.

Keunggulan Gipsum

Selain penggunaannya yang memang cukup banyak digunakan oleh masyarakat luas, gipsum ini pun mempunyai berbagai keunggulan. Adapun berbagai keunggulan yang bisa didapatkan adalah seperti berikut:

  • Tahan Terhadap Api

Sebagai salah satu material alam, membuat gipsum ini lebih kuat. Bahkan, material ini mempunyai sifat yang tahan terhadap api dan mampu memblokirnya. Ketika digunakan pada bangunan, maka bisa meminimalisir risiko kebakaran yang nantinya terjadi.

  • Fleksibel

Selain tahan api, gipsum dikenal sebagai material yang fleksibel dan multifungsi. Dari segi kegunaannya saja, sudah bisa dilihat bahwa gipsum mempunyai peranan yang beragam dan bisa digunakan untuk bidang apapun.

  • Mudah Dibentuk atau Divariasikan

Keunggulan lainnya adalah nilai seni dari gipsum cukup tinggi. Misalnya saja ketika Anda berkunjung ke toko partisi dinding, Anda bisa menemukan berbagai tipe partisi untuk kebutuhan hunian Anda dari material yang kuat ini. Bahkan bahan ini pun mudah dibentuk sesuai ukuran yang diinginkan hingga divariasikan ke dalam bentuk yang Anda mau.

  • Perawatan Mudah dan Tahan Lama

Kebanyakan orang senang akan berbagai produk yang memiliki kualitas baik terlebih awet dalam pemakaiannya. Begitu pun dengan gipsum yang memang mempunyai ketahanan cukup lama. Bahkan dari segi perawatan pun cukup mudah dan sederhana.

Dari ulasan tersebut, tentu dapat disimpulkan bahwa gipsum ini memang material alam yang cukup baik dan berguna bagi kehidupan. Tak heran, penggunaannya pun banyak digemari oleh masyarakat hingga banyak tersedia di toko partisi dinding sebagai sekat favorit.Bes