Anti Ribet! Cara Memasang Wallpaper Dinding Yang Tepat Sangat Mudah

0 Comments

 

Desain ruangan menjadi hal yang penting untuk membuat nyaman dan indah ruangan, khususnya desain dinding yang akan menentukan tema ruangan. Selain menggunakan cat, memperindah dinding ruangan juga dapat menggunakan wallpaper.

Cara Memasang Wallpaper Dinding

Pilihan menggunakan wallpaper sebetulnya lebih menguntungkan bagi desain konstruksi ketimbang menggunakan cat, hal ini dikarenakan wallpaper memiliki banyak varian warna sekaligus motif yang akan membuat ruangan lebih hidup.

Namun apakah menggunakan wallpaper merupakan pilihan yang tepat? Kemudian bagaimana cara memasang wallpaper agar tampak rapi di dinding?

Cara Memasang Wallpaper Dinding Yang Tepat

Memilih menggunakan wallpaper untuk dinding dapat menjadi pilihan yang tepat ketika Anda memasangnya dengan cara yang tepat pula. Berikut cara yang bisa Anda aplikasikan:

1. Ukur ruangan

Sebelum Anda memasang wallpaper, Anda harus mengetahui berapa luas ruangan Anda agar Anda tidak salah membeli jumlah panjang dan lebar wallpaper. Untuk menghitung ukuran ruangan Anda, Anda dapat menggunakan cara berikut:

Hitunglah setiap bagian tembok, misalnya dua tembok memiliki lebar 17 meter dan tinggi 8 meter dan dua tembok lainnya memiliki lebar 12 meter dan tinggi 8 meter. Lalu: 17m x8m = 136m2, 12m x 8m = 96m2. Maka hitungan akhirnya 136m+ 136m+ 96m+ 96m= 464m2

2. Kosongkan ruangan

Kosongkan ruangan dari properti-properti yang menempel atau bersandar pada dinding agar pemasangan wallpaper rata.

3. Persiapkan dinding

Wallpaper akan sulit merekat di dinding yang memiliki banyak kotoran terutama minyak. Maka dari itu sebaiknya Anda membersihkan dinding terlebih dahulu. Selain itu tambal juga dinding yang berlubang, tunggu hingga tambalan kering barulah wallpaper dapat diaplikasikan.

4. Titik penempelan

Tentukan titik penempelan di sudut yang jarang diakses secara bebas oleh indra penglihatan. Jika di kamar atau ruangan lain maka mulailah menempel di belakang pintu karena jarang terlihat.

5. Siapkan wallpaper

Siapkan wallpaper dinding

Dalam memasang wallpaper Anda juga harus memperhatikan jenis wallpaper yang akan Anda pilih. Ada beberapa jenis wallpaper yang dapat Anda pilih, berupa wallpaper kertas, vinyl, velvet, foil, kain, heavy duty, dan serat alami.


Artikel menarik lainnya: RENCANA BELI AC? BACA DULU KIAT JITU MEMILIH MERK AC TERBAIK! NO.5 HATI-HATI


6. Potong wallpaper

Potong wallpaper sesuai dengan tinggi dan lebar ruangan yang telah dihitung sebelumnya. Dalam pemotongan wallpaper, lebihkan sekitar 1 cm agar sambungan antar wallpaper dapat terlihat rapi dan rata.

7. Atur posisi

Pengaturan posisi sangat penting dalam cara pasang wallpaper dinding, karena hal ini akan menentukan posisi wallpaper Anda agar lurus. Anda dapat menggunakan benang yang diberi pemberat atau menggunakan pensil di setiap sisi yang akan dipasang wallpaper.

8. Siapkan lem

Ada dua jenis lem yang harus Anda gunakan dalam memasang wallpaper. Lem pertama adalah lem untuk disebarkan di seluruh dinding yang akan ditempeli wallpaper, lem kedua adalah lem untuk diaplikasikan pada tekukan dan sambungan. Lem kedua harus dibuat lebih kental agar menempel kuat.

9. Memasang wallpaper

Pasang wallpaper dinding sebaiknya menggunakan tangga agar Anda dapat menjangkau bagian tertinggi dinding. Pasang wallpaper dengan perlahan sambil diratakan menggunakan lap kering atau mika kemudian ikutilah garis yang telah Anda buat sebelumnya menggunakan benar atau pensil agar wallpaper presisi.

10. Sambung wallpaper

Saat menyambung wallpaper, Anda harus mengoleskan lem yang lebih kental ke wallpaper sambungan agar merekat kuat.

11. Finishing

Setelah semua wallpaper terpasang, cek kembali dan pastikan wallpaper terpasang dengan rapi dan presisi. kemudian tahap terakhir dari cara memasang wallpaper adalah membersihkan dinding dengan spon yang diberi sedikit air agar lem-lem yang tersisa dan terekspos dapat dihilangkan.