Cat Tembok Mudah Terkelupas? Begini Cara Ampuh untuk Mencegahnya

0 Comments

Cat tembok yang terkelupas memang sangat mengganggu pemandangan, apalagi hal ini juga membuat keindahan pada rumah menurun. Tentu saja hal seperti ini pasti sudah dialami oleh kebanyakan orang. Sebenarnya apa penyebab cat tembok mudah terkelupas? Simak ulasannya di bawah ini.

Cat Tembok Mudah Terkelupas

Penyebab Cat Tembok Terkelupas

Sebagian orang mungkin belum mengetahui alasan yang membuat cat mudah mengelupas. Namun, jika diperhatikan lebih teliti ternyata ada beberapa penyebabnya. Apa saja? Berikut contoh – contohnya.

  • Pengecatan dinding dilakukan ketika kondisinya masih belum benar – benar kering. Dinding yang masih basah, menyebabkan cat tidak bisa menempel dengan sempurna. Hal ini menyebabkan cat lebih mudah terkelupas.
  • Pemilihan plamir (dempul) tidak berkualitas sehingga membuat cat dinding menjadi tidak rata dan cepat mengelupas. Meskipun dianggap remeh, penggunaan plamir dengan kualitas bagus akan membuat cat lebih awet.
  • Pengecatan dinding tidak menggunakan cat dasar (primer coat) terlebih dahulu. Cat dasar berfungsi melapisi dinding supaya tidak mudah berjamur.
  • Dinding yang akan dicat tidak dilakukan pembersihan secara maksimal. Debu yang menempel pada dinding bisa menyebabkan cat tidak menempel sempurna sehingga mudah terkelupas.

Cara Mencegah Cat Tembok Mengelupas

Setelah mengetahui berbagai faktor yang menyebabkan cat tembok mudah terkelupas. Maka berikut ini akan dibagikan tips untuk mencegah cat supaya lebih awet dan juga tahan lama.

  • Sebelum melakukan pengecatan, sebaiknya hilangkan dahulu cat yang lama. Pastikan Anda mengeroknya sampai benar – benar bersih, setelah itu lapisi dengan plamir dan cat primer. Tunggu sampai semua lapisan kering sempurna dan lapisi dengan cat dinding sesuai pilihan Anda.
  • Apabila pengelupasan cat tembok terjadi karena rembesan air akibat saluran pipa rumah yang bocor, maka segera perbaiki sumber kebocorannya. Pastikan Anda memakai pipa dengan kualitas bagus, supaya tidak terulang kembali kebocorannya.
  • Untuk mendapatkan cat tembok dengan daya lekat yang bagus, maka harus memilih cat berkualitas. Jangan sampai salah memilih jenis cat, karena dapat menyebabkan kerusakan pada dinding. Selain itu, supaya air tidak mudah rembes ke dinding bisa menggunakan cat waterproof. Harga waterproofing sika dipasaran dibandrol dengan harga bervariasi, tergantung kemasannya.
  • Jangan menganggap sepele masalah debu atau kotoran yang menempel di dinding yang akan dicat, karena jika tidak dibersihkan dengan benar maka cat tidak mau melekat dengan baik. Oleh sebab itu, pastikan dinding yang akan dicat sudah dibersihkan dengan baik.

Berbagai macam jenis cat tembok sudah semakin banyak bermunculan. Dari cat tembok dengan kualitas rendah sampai kualitas tinggi pun sangat mudah ditemui. Saat ini juga ada cat tembok yang dilengkapi lapisan anti air (waterproof), sehingga membuat pilihan cat lebih banyak dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing – masing orang. Bahkan, sekarang banyak dijual cat waterproof  yang dipakai untuk melapisi gedung atau rumah bertingkat. Harga waterproofing dak beton di toko bangunan ditawarkan dengan harga yang beraneka ragam, tergantung dari kemasan serta kualitasnya.

Baca juga: KURANG MERDU, PASTIKAN SISTEM TATA SUARA (SOUND) SUDAH BENAR

Dalam pemilihan cat untuk tembok juga wajib diperhatikan, jangan sampai salah memilih. Cat interior biasanya mempunyai komposisi yang lebih ringan, dibandingkan dengan cat untuk eksterior. Selain itu, jangan menggunakan cat anti air untuk di dalam ruangan karena bisa membuat tembok menjadi rusak. Biasanya cat waterproof diaplikasikan pada dinding eksterior, hal ini bertujuan untuk melindungi rumah dari cuaca buruk seperti hujan dan terik matahari.