Glasswool, Solusi Tahan Panas yang Sangat Cocok untuk Rumah Anda agar Dingin dan Nyaman

0 Comments

Apakah Anda pernah dengar yang namanya glasswool? Glasswool ini adalah bahan yang terbuat dari serat fiber, material insulasi ini biasanya melalui proses tertentu sehingga teksturnya seperti bulu domba atau yang biasa disebut dengan wol. Glasswool ini banyak digunakan sebagai peredam panas dan banyak digunakan di atap bangunan atau rumah.

 

Glasswool

Serba-serbi Glasswool

Saat ini, kebutuhan untuk peredam panas pada rumah atau bangunan kantor dan lain sebagainya sangat dibutuhkan sekali karena Indonesia berada di garis khatulistiwa yang menyebabkan Indonesia beriklim tropis dan cenderung memiliki suhu yang panas. Oleh sebab itu, banyak inovasi yang dibuat dalam konstruksi dan desain, bagaimana cara agar membuat hunian menjadi lebih dingin dan sejuk secara alami tanpa menggunakan pendingin ruangan atau AC untuk menghemat biaya juga.

Salah satu solusi yang tepat untuk meredam panas di cuaca yang terik adalah glasswool. Saat ini glasswool sudah banyak dijual baik di toko-toko offline atau juga di toko-toko online pada berbagai platform jual beli online dengan harga yang bervariasi. Selain di rumah, pemasangan glasswool ini juga akan sangat membantu di pabrik atau sektor industri yang memiliki banyak sekali pekerja atau karyawan pada tempat yang luas, glasswool ini tepat digunakan untuk meredam panas di tempat tersebut.

Harga glasswool bervariasi contohnya untuk glasswool blanket density dengan berat 16 kg/m3 dengan ukuran 1,2 meter x 30 meter x 25 mm, harganya yaitu Rp330.000,00/rol atau Rp9.167,00/meter persegi, memang harga glasswool ini cukup mahal tetapi sebanding dengan kualitas yang diberikan oleh bahan ini.

Untuk pemasangan Anda bisa menyewa jasa pemasangan glasswool atau jasa pasang movable partition, jika Anda ingin sekalian memasang movable partition di hunian atau kantor Anda. Sebaiknya pemasangan glasswool ini dikerjakan oleh ahlinya atau orang yang udah terbiasa memasang glasswool agar tak ada kesalahan pada pemasangan dan glasswool berfungsi dengan bak untuk meredam panas di tempat yang dipasang glasswool tersebut.

Baca juga: MENDESAIN LOBBY MENJADI LEBIH MENARIK DENGAN MENGAPLIKASIKAN TIPS BERIKUT

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dari penggunaan glasswool ini, ia mudah menyerap uap air sehingga di tempat yang lembab, kemampuan meredam suara pada glasswool ini akan berubah menjadi menyerap uap air sehingga glasswool akan menjamur dan beratnya pun akan bertambah sebanyak 5 sampai 7 kali dari berat semula dan saat glasswool telah menjamur tentu glasswool akan mudah lapuk dan hancur seperti pasir. Jadi pastikan tempat yang akan dipasangi glasswool ini adalah tempat yang kering dan panas agar daya serap glasswool terhadap panas juga semakin besar sehingga harga glasswool yang mahal tak akan terbuang sia-sia.

Ciri-ciri dari bahan glasswool ini biasanya berwarna kuning dan terbuat dari serat kaca, dalam pembeliannya pun ada bermacam-macam, ada yang berbentuk lembaran dan ada juga yang berbentuk rol dan ada berbagai ketebalan, mulai dari 25 gr/meter persegi sampai 75 g/meter persegi tersedia di toko-toko yang menjual glasswool ini baik yang bermerek tertentu atau pun juga yang tanpa merek, Anda bisa mencarinya via offline maupun online, tetapi di Indonesia sendiri lebih banyak yang tanpa merek, belum memiliki sertifikat keamanan terhadap api atau pun lingkungan. Namun, cukup aman untuk digunakan pastikan Anda mengecek barangnya sebelum membeli dan pasang glasswool menggunakan jasa ahli dan jasa pasang movable partition jika Anda juga berniat memasang movable partition di rumah Anda.