4 Kelebihan Atap Galvalum, Atap Masa Kini Yang Ekonomis

0 Comments

Kelebihan Atap Galvalum

Bagi Anda yang ingin memasang atap dengan harga ekonomis, Galvalum dapat menjadi solusinya. Galvalum merupakan singkatan dari galvanis alumunium, diketahui dapat difungsikan sebagai plafond dan penutup atap. Atap ini berbentuk seng bulat lingkaran kemudian dapat divariasikan dengan membentuknya menjadi bentuk lain seperti kanal U, kanal C, dan lain-lain. Atap ini mengacu pada bahan dasar material baja dengan lapisan yang mengandung alumunium dan zinc dengan 55% unsur coating yang berupa alumunium, 43% faktor zinc dan 1,5% adalah unsur silikon.

Kelebihan Atap Galvalum

Atap galvalum menjadi atap yang banyak diminati akhir-akhir ini karena menawarkan kelebihan-kelebihan, di antaranya:

1. Bebas Rayap

Rayap menjadi momok yang sangat menakutkan bagi orang-orang yang memakai kayu sebagai pondasi rumah dan rangka atap, apalagi kayu yang dipakai adalah kayu yang kualitasnya jelek. Pastilah rayap sangat mudah sekali bersarang dan memakan kayu-kayu itu. Berbeda dengan menggunakan atap material baja yang sangat tidak mungkin dimakan rayap.

2. Murah

Memasang atap dari bahan baja ringan sangat murah biaya pengeluaran dari mulai membeli, memasang hingga merawat. Harga atap baja cenderung lebih murah, selain itu karena ukurannya yang besar-besar, maka saat memasangnya pun tidak membutuhkan banyak orang dan itu mengurangi biaya kontraktor, dan yang terakhir dari segi perawatan, karena rangkanya anti rayap, Anda tidak perlu berkali-kali mengeluarkan uang untuk mengganti rangka atap yang dimakan rayap. Sangat ekonomis!

3. Cepat

Seperti yang telah dijabarkan sebelumnya bahwa atap baja ringan memiliki ukuran yang besar, tidak seperti atap tanah liat yang kecil-kecil dan membutuhkan waktu lama untuk memasangnya, atap baja ringan tidak begitu. Memasang atap material baja ringan untuk ukuran rumah minimalis tipe 36 (ukuran 6m x 6m = 36 m dengan dua kamar tidur dan satu ruang tamu menyatu dengan ruang keluarga) saja hanya membutuhkan waktu kurang sari seminggu.

4. Ringan

Selain singkatan dari galvanis alumunium, atap ini juga dikenal dengan rangka atap baja ringan. Tidak seperti atap berbahan dasar kayu dan besi, atap baja ini sangat ringan dan membuatnya mudah dipindah dan digeser kemana pun.

Kelebihan lain dari jenis atap baja ringan adalah adanya jenis bentuk lengkung yang membuat atap ini awet dan kuat karena tidak ada sambungan panjang atap yang berpotensi lepas. Atap bentuk lengkung ini sangat cocok untuk canopy rumah, lapangan futsal, ruko, tempat pemberhentian bus, dan lain-lain. Kelebihan atap galvalum adalah tersedianya variasi warna yang membebaskan Anda memilih warna atap sesuai dengan tema yang ingin Anda terapkan pada bangunan agar selaras terlihat selaras.

Baca juga: LAMPU SOROT LED, TEKNOLOGI MASA DEPAN RAMAH LINGKUNGAN

Namun walaupun seperti itu, atap galvalum ternyata memiliki beberapa kekurangan yaitu sifat atap yang cenderung membuat panas ruangan karena atap ini sangat mudah menyerap dan menghantarkan panas, tidak seperti atap jenis kayu. Solusi yang dapat digunakan untuk mengurangi panas ruangan akibat atap ini adalah dengan memasang peredam panas atap hilon insulation. Selain itu atap jenis ini juga sulit dipasang, tidak semua tenaga kontraktor memiliki kemampuan memasang atap jenis ini. Walaupun pemasangannya dapat cepat, tapi jika dikerjakan bukan oleh tenaga ahli tetap saja akan lambat dan tidak berhasil maksimal. Maka dalam memasang atap jenis ini Anda dapat menghubungi tenaga ahli yang terpercaya telah memiliki pengalaman dalam memasang atap khususnya atap material baja.

Harga atap galvalum sangat variatif tergantung jenis plat dan ukuran, umunya harga atap ini dipatok sekitar 100.000 hingga 300.000 rupiah per meter.