Rencana Beli AC? Baca Dulu Kiat Jitu Memilih Merk AC Terbaik! No.5 Hati-hati

0 Comments

Air conditioner (AC) merupakan barang elektronik yang digunakan sebagai penyejuk suhu udara dalam sebuah ruangan dan memberikan rasa nyaman bagi penghuni yang berdiam di dalamnya. Sama halnya dengan kipas angin yang memiliki fungsi sebagai pelepas hawa pengap dalam sebuah ruangan atau rumah, penggunaan  AC kini lebih popular di kalangan masyarakat dibandingkan dengan kipas angin.

Kiat Jitu Memilih Merk AC Terbaik

Tinggal di Negara yang memiliki iklim tropis seperti di Indonesia, membuat Air conditioner (AC) lebih banyak dipilih menjadi barang elektronik yang wajib ada di dalam rumah. Karena maraknya pemakaian AC, para produsen mulai berlomba-lomba dalam menyajikan beragam merk AC terbaik dan keunggulan yang mumpuni untuk dijual di pasaran.

Dari banyaknya pilihan, kerap kali membuat konsumen bingung saat hendak memilihnya. Terlebih jika si konsumen sendiri belum pernah punya pengalaman seputar pembelian  AC sebelumnya. Mungkin hal tersebut akan membuat konsumen linglung dalam memilih merk AC terbaik  yang tepat untuk rumah.

Dalam memilih merk AC yang akurat bagi rumah dari sekian banyak merk AC yang ada dipasaran, Anda hendaknya harus benar-benar jeli untuk dapat memilah produk penyejuk udara yang berkualitas. Semakin berkembangnya zaman, yang juga dilandasi dari kebutuhan konsumen maka produsen AC pun turut berinovasi.  Beberapa merk terkenal seperti AC Samsung, LG, Philips, Panasonic, Polytron, Sharp, dan masih banyak lainnya terus memerikan keunggulan serta trobosan terbaru untuk produk elektronik air conditioner mereka sendiri.

Jangan Sampai Menyesal, Ini Dia Kiat Jitu Pilih Merk AC Terbaik  Buat Rumahmu!

Jika kini Anda tengah berencana membeli AC dalam waktu dekat, hendaknya Anda membaca dahulu kiat-kiat sebelum memutuskan memilih merk AC yang ada sesuai dengan kebutuhan. Yuk intip kiat berikut ini ya!

1. Perhatikan Jenis AC Dengan Kebutuhan Luas Ruangan

Bukan Cuma kipas angin aja yang punya ragam jenis, AC pun punya banyak jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan sebuah ruangan loh. Dari beragam jenis tersebut juga punya kelebihan masing-masing. Misalnya saja, untuk jenis AC yang bisa dipakai di rumah tinggal dikenal dengan AC Split. Bagi gedung besar atau perkantoran, biasanya memakai jenis AC Cassette (dipasang di langit-langit) atau juga AC Split. Sementara jenis AC yang biasa digunakan di Hotel atau Mall, biasanya menggunakan AC Central. Untuk pemakaian mengikuti mobilitas AC jenis Standing biasa digunakan.

Dalam hal ini, Anda harus dapat pintar dalam memilih dan menata AC beserta ruangan rumah Anda. Jika untuk di ruangan tamu atau kamar tidur, direkomendasikan untuk memilih jenis AC Split atau Standing saja.

2. Sesuaikan PK AC dengan Luas Ruangan

Perhatikan terlebih dahulu ruangan yang akan Anda pasangi AC dan seberapa luas atau besarnya ruangan tersebut untuk dapat memilih PK yang tepat agar suhu di dalam ruangan dapat tersebar merata.

Penyesuaian PK dengan luas ruangan:

Luas PK
10 m2 ½ PK
14 M2 ¾ PK
18 m2 1 PK
24 m2 1 ½ PK
36 m2 2 PK
>36 m2 Lebih dari 1 buah AC

3. Fitur Hemat Energi

Jangan ragu untuk mengulas atau menanyakan pemakaian listrik (watt) AC yang hendak dibeli kepada pihak penjual atau sales yang ada. Dalam hal ini, Anda sebagai konsumen haru jeli untuk memilih AC yang hemat energy agar nantinya tidak menimbulkan beragam masalah keuangan pada tagihan listrik Anda.

Selain itu, fitur AC juga penting untuk dapat anda perhatikan. Pastikan pula Anda dapat menggunakan fitur tersebut di rumah untuk memenuhi kebutuhan Anda. Contohnya saja merk AC Samsung  yang memiliki fitur ‘Smart Saver’ yang saat diaktifkan secara otomatis dapat digunakan dalam keadaan udara yang tidak telalu panas dan smart saver berada dalam mode cool .

Atau pada merk Sharp memiliki fitur ‘Plasmacluter’ sebagai fitur memurnikan udara dari bakteri, virus maupun jamur yang ada di udara.

4. Ada kartu garansi

Saat akan membeli, pastikan produk yang akan Anda beli memiliki kartu garansi kerusakan. Hal ini diperlukan untuk mengantisipasi adanya kerukasakan yang terjadi saat pemakaian yang merugikan Anda sendiri.

5. Merk AC Terpercaya

Dari kiat lainnya, ini merupakan yang paling penting dalam pemastian pembelian produk AC untuk rumah Anda. Pastikan Anda membeli AC dengan merk atau brand terpercaya agar tidak menimbulkan penyesalan dikemudian hari. Jangan tergoda dengan beragam merk yang tidak  jelas atau bahkan Anda belum pernah melihat merk tersebut dijual di pasaran sehingga Anda dapat meminimalisir segala bentuk kerugian yang datang kelak.

Jangan mudah pula tergiur harga murah yang ditawarkan, tidak ada salahnya Anda coba membeli dengan harga yang sedikit lebih mahal, namun dapat mengurangi dampak buruk bagi Anda dikemudian hari.

Baca juga: DAFTAR HARGA PARKET KAYU TERBARU 2019

Semakin berinovasi dalam menyajikan produknya, merk  AC Samsung, LG, Sharp, Polytron, Pnasonic, Toshiba, Sanken, Daikin dan merek lainnya dapat menjadi solusi Anda dalam menentukan pilihan AC. Tak dapat dipungkiri lagi, sebuah produk terlebih AC dengan merk atau brand ternama memang lebih dapat menjamin kualitas tersebut. Jadi Anda harus dapat berhati-hati dalam memilih AC dan usahakan untuk membeli dari merk yang terkenal dan terpercaya.

Itulah kiat memilih merk AC yang tepat yang bisa Anda ketahui sebelum benar-benar membelinya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda! Sampai Jumpa diartikel selanjutnya.