Lampu Sorot LED, Teknologi Masa Depan Ramah Lingkungan

0 Comments

Lampu menjadi properti yang tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan sehari-hari. Selain untuk penerangan di saat gelap, lampu juga difungsikan lain seperti untuk hiasan yang akan memperindah konstruk bangunan atau benda.

Lampu Sorot LED

Selain lampu bohlam yang lebih umum digunakan untuk penerangan, ada jenis lampu lain yaitu lampu sorot yang digunakan untuk penerangan sekaligus hiasan. Lampu sorot sesuai namanya berati menyorot lokasi/wilayah atau benda-benda tertentu sesuai dengan penempatannya. Namun dalam konsumsi lampu yang semakin besar di seluruh penjuru dunia, ada yang tidak disadari atau sengaja dilupakan baik oleh produsen maupun konsumen, yaitu energi yang dipakai. Energi yang dikonsumsi lampu baik dari segi produksi maupun penggunaan cukup besar, sedangkan energi yang tersedia di bumi sifatnya terbatas dan sangat sulit diperbarui. Berangkat dari kondisi ini kemudian terciptalah lampu sorot yang digadang-gadang mampu mengkonsumsi energi dengan jumlah yang sangat sedikit. Sejauh ini lampu sorot yang memiliki daya hemat energi terbagi ke dalam dua jenis, yaitu lampu sorot CFL (compact flourescent lamp) dan LED (light emitting diode). CFL merupakan lampu hemat energi yang memiliki harga cukup terjangkau. Sementara itu LED dapat menghemat energi lebih banyak dibanding CFL, hanya saja harganya juga lebih mahal dari CFL. LED merupakan lampu sorot masa depan yang akan menghemat 80% biaya konsumsi energi dibanding bola pijar dan halogen.

Jenis lampu sorot LED

Lampu sorot LED memiliki beberapa macam jenis tergantung fungsinya. Jenis-jenisnya antara lain:

  1. Downlight: lampu sorot ini menyorot ke arah bawah. Jenis ini cocok digunakan di dalam rumah ketika Anda ingin menyoroti lukisan atau patung atau karya seni lain. Selain rumah, jenis lampu sorot ini sering digunakan di museum atau pameran-pameran tertentu untu memberi kesan yang ‘luhur’ terhadap karya tertentu.
  2. Spotlight track: lampu ini sering Anda temukan di restauran, toko, kafe dan tempat umum lainnya. Mengapa jenis ini sering digunakan di tempat-tempat tersebut karena fungsinya yang dapat dipindah-arahkan sesuai dengan suasana yang ingin di bangun di tempat tersebut.

    Baca juga: CARA MENGUJI KUALITAS PASIR PASANG YANG BENAR

     

  3. Foodlight dan uplight: kedua jenis lampu sorot LED ini hampir sama fungsinya, yaitu untuk menerangi tempat seperti taman di mana Anda menggunakan lampu ini untuk menyorot tanaman tertentu misalnya. Selain itu, fungsi lampu ini juga dapat membuat jalanan atau taman lebih terang sehingga jika ada gerakan-gerakan yang mencurigakan dapat terlihat jelas.

Kelebihan lampu sorot LED

Walaupun terbilang mahal, lampu sorot LED masih banyak dipilih oleh konsumen dikarenakan memiliki banyak kelebihan yang menguntungkan bagi pengguna. Kelebihan tersebut antara lain:

  1. Tahan terhadap guncangan. Kelebihan ini didapatkan dari komponen dasar penyusun LED sendiri yaitu electronic solid state sehingga tahan akan guncangan. Selain itu dimensi lampu ini kecil, sehingga selalu bisa ditempatkan di mana saja tanpa menganggu dekorasi yang telah diatur sebelumnya.
  2. Penerangan maksimal dan cepat. Ketika lampu LED dinyalakan, waktu yang dibutuhkan untuk memancarkan sinar maksimal tidak lebih dari satu detik. Berbeda dengan jenis lampu lain yang masih harus menunggu beberapa waktu untuk mendapat penerangan maksimal seperti lampu HID dan xenon.
  3. Usia. Lampu sorot LED juga memiliki usia pakai yang panjang dibanding jenis lampu lainnya.
  4. Hemat energi. Dengan sinar yang maksimal dan cepat, justru LED mengkonsumsi energi lebih sedikit dibanding jenis lampu lain dan itu sangat bagus sekali untuk keberlangsungan hidup energi bumi yang sangat sulit untu diperbarui.
  5. Variasi. Karena permintaan yang tinggi, lampu LED juga mengeluarkan banyak variasi baru dari mulai ukuran, model sorot, hingga variasi warna cahaya.

Sementara itu, harga yang biasanya dipatok untuk lampu LED mulai dari kisaran 70.000 hingga jutaan tergantung  jenis dan warna cahayanya. Walaupun jenis lampu ini masih terbilang mahal, suatu saat harga lampu ini diharapkan dapat turun karena dampaknya yang ramah dengan lingkungan.