Lima Hal yang Wajib Kamu Pertimbangkan Sebelum Merenovasi Hotel

0 Comments

Hotel merupakan salah satu tempat yang keberadaannya saat ini menjadi penting di masyarakat karena fungsinya yang bisa menjadi penginapan sementara ketika berada di suatu tempat. Namun dengan keuntungan besar yang diperoleh, semakin banyak yang membuka usaha perhotelan sehingga daya siangnya cukup tinggi. Untuk menjadikan hotel sebagai pilihan pelanggan, maka kenyamanan dari segi pelayanan dan fasilitas harus ditingkatkan, bila perlu lakukan renovasi hotel untuk memperbarui tampilan hotel.

Apa yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Renovasi?

Sebelum memutuskan untuk merenovasi hotel, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, agar  renovasi berjalan lancar sesuai dengan tujuan dilakukannya. Pertimbangan ini sangat penting untuk menciptakan renovasi yang memuaskan sehingga hasilnya bisa menarik lebih banyak pelanggan, diantaranya:

1. Anggaran Dana

Anggaran dana merupakan hal pertama yang harus dipertimbangkan, karena nantinya dana ini yang akan menentukan banyaknya ruang yang akan direnovasi, serta pemilihan kualitas material. Oleh sebab itu ketika seseorang ingin merenovasi hotel, rencanakan jauh-jauh hari untuk mempersiapkan dana yang sesuai. Jika tidak ada perencanaan yang matang serta dilakukan mendadak, maka kemungkinan besar seseorang akan kesulitan dalam merenovasi hotel dengan hasil yang memuaskan, karena masalah dana.

2. Mempelajari Pangsa Pasar

Dalam melakukan renovasi hotel jangan hanya sekadar memperbaiki atau menambah fasilitas yang kurang lengkap. Mempelajari pangsa pasar yang ada sebagai pertimbangan renovasi sangat penting untuk diperhatikan. Misalnya seseorang membangun hotel di Bali, dimana wisatawan yang berkunjung ke Bali mayoritas karena ingin melihat keunikan Bali, maka dalam merenovasi tambahkan beberapa ukiran khas Bali pada bagian-bagian tertentu.

3. Pertimbangan Kenyamanan Pengunjung

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah kenyamanan pengunjung yang nantinya akan bermalam di hotel. Misalnya dalam merenovasi kamar mandi, biasanya kamar mandi hanya membutuhkan bak mandi, shower, WC serta beberapa fasilitas pelengkap lainnya. Namun seiring perkembangan zaman, kebutuhan pengunjung hotel semakin meningkat, dimana ada sebagian orang yang menjadikan fasilitas air hangat sebagai hal yang penting.

Baca juga: CANTIK DAN TERJANGKAU, PINTU DENGAN MATERIAL UPVC WAJIB DI GUNAKAN DI RUMAH

4. Mengetahui Struktur Lama Bangunan

Mempelajari struktur bangunan hotel menjadi hal yang sangat penting agar bisa memilah-milah bagian tertentu yang masih bisa dipertahankan, atau harus di bongkar total. Hal ini juga bermanfaat untuk memperkecil pengeluaran dalam merenovasi hotel. Selain itu struktur bangunan lama dengan desain baru yang akan diciptakan ketika merenovasi juga membutuhkan kesesuaian.

5. Memilih Material yang Tahan Lama

Untuk mengantisipasi proses renovasi hotel yang terjadi berulang kali, maka dalam merenovasi harus memilih material yang tahan lama. Jangan hanya karena pertimbangan dana yang lebih sedikit, menjadikan seseorang memilih material yang murahan dan tidak tahan panas ataupun hujan. Padahal hotel akan digunakan oleh banyak pengunjung bukan diri pribadi. Akan lebih bijak jika memilih bahan yang tidak terlalu mahal, tetapi berkualitas bagus yang banyak ada di pasaran.

Itulah lima hal yang haru dipertimbangkan sebelum seseorang memutuskan untuk merenovasi hotel yang menjadi salah satu upaya meningkatkan nilai jual kamar. Hal terpenting yang tidak boleh diabaikan adalah, perencanaan matang yang dilakukan jauh-jauh hari. Dengan demikian segala sesuatu yang harus dipersiapkan dan dipertimbangkan dalam melakukan renovasi hotel dapat diperhatikan dengan baik, sehingga proses bisa  berjalan lancar.