Pahami Pengertian Isolator Serta Berbagai Contohnya Berikut Ini

0 Comments

Dalam dunia listrik tentu isolator menjadi suatu hal yang familiar. Meski harus diakui tidak semua orang memiliki pemahaman yang baik mengenai isolator. Padahal kehadiran isolator cukup penting, utamanya dalam proses instalasi listrik, komponen ini diperhatikan keberadaannya.

Untuk itu di sini akan dibahas lebih lanjut mengenai apa itu isolator serta berbagai contoh isolator yang biasa ada di sekitar kita. Yuk disimak lebih lanjut mengenai berbagai hal tersebut.

Apa Itu Isolator?

Konduktor dan isolator mungkin menjadi suatu hal yang familiar dalam dunia listrik. Keduanya memiliki banyak manfaat yang penting untuk dipahami. Akan tetapi sebelum berangkat memahami mengenai apa fungsi dari isolator sebaiknya pahami dulu mengenai pengertiannya.

Jadi apa itu isolator? Sebenarnya isolator listrik merupakan bahan yang tidak bisa atau bahkan sulit menghantarkan listrik. Hal ini karena pada bahan isolator teradapat valensi elektron yang terikat secara kuat di bagian atom-atomnya.

Hal tersebut akhirnya membuat listrik menjadi sulit untuk berpindah melalui isolator. Tak heran jika hal ini kemudian banyak dimanfaatkan dalam alat-alat elektornik.

Manfaat Isolator

Ada banyak manfaat yang sebenarnya dimiliki oleh isolator. Manfaat apa saja yang dapat diperoleh? Yuk simak secara lebih lengkap serta lebih lanjut melalui ulasan di bawah ini.

  • Untuk bahan pegangan pada alat yang mengalirkan listrik. Hal ini mencegah pihak yang menggunakan listrik menjadi tersetrum. Contohnya saja yang ada pada pegangan solder maupun peralatan listrik lainnya.
  • Bahan isolator menjadi komponen penting dalam pembuatan pakaian atau alas kaki untuk para ahli listrik yang banyak bergerak di bidang jasa instalasi listrik. Adanya isolator dapat menjadi salah satu pelindung untuk pihak pekerja nantinya.
  • Isolator menjadi komponen yang penting untuk pelindung komponen berbahan listrik agar tidak berbahaya. Contohnya saja karet pada bagian kabel yang akan membantu untuk mencegah penggunanya tersetruma kita terkena benang kabel.

Contoh-contoh Isolator

Ada banyak isolator yang berada di sekitar kita. Mungkin beberapa masih ada yang bingung terkait contoh isolator itu sendiri. Sebenarnya ada beberapa isolatir yang hadir di sekitar kita. Berikut inialah beberapa contohnya.

1. Plastik

Salah satu isolator yang banyak terdapat di sekitar kita dalah plastik. Selama ini kita menemui banyak bendak yang memiliki lapisan plastik untuk mencegah listrik dihantarkan. Selain menjadi isolator listrik plastik juga menjadi bahan isolator dari panas. Meski harus dipahami jika dalam kondisi panas tertentu plastik akan leleh karena kepanasan.

2.Karet

Selanjutnya isolator yang harus dipahami kegunaannya adalah karet. Selama ini mungkin banyak dari kita melihat pekerja instalasi listrik menggunakan sepatu yang terbuat dari karet khusus. Ini sebagai salah satu bentuk anitispasi yang dilakukan agar pekerja tidak mengalami sengatan listrik.

Baca juga: CAT TEMBOK MUDAH TERKELUPAS? BEGINI CARA AMPUH UNTUK MENCEGAHNYA

Selain itu karet juga banyak digunakan sebagai pelapis dari kabel yang jika tidak menggunakan pelapis akan berbahaya bagi penggunanya. Serta masih banyak kegunaan dari karet yang lainnya.

3.Kayu

Selain kedua hal di atas isolator listrik selanjutnya adalah kayu. Ia termasuk dalam isolator padat yang tidak bisa menghantarkan listrik. Tapi di sisi lain harus diingat jika kayu menjadi isolator listrik namun mudah terbakar ketika terkena api. Jadi jangan sampai nantinya meletakkan kayu di tempat yang mudah terkena konsleting listrik dan mudah menimbulkan kebakaran ya.

Ada banyak bahan isolator listrik. Kebanyakan bahan ini dimanfaatkan dalam instalasi listrik untuk mencegah adanya tegangan listrik yang mengenai pihak instalator listrik. Bahkan tak sedikit bahan yang ternyata tersebar di setiap kita.