Perbandingan Harga Bata Ringan Dan Bata Merah

0 Comments

 

Perbandingan Harga Bata Ringan Dan Bata Merah

Sebuah projek pembangunan pastinya membutuhkan beragam material yang diperlukan untuk menghasilkan bangunan yang kokoh. Misalnya semen, pasir, batu bata dan lain-lain. Siapa sangka, perkembangan zaman membuat para ahli menciptakan material kontruksi yang kini menjadi alternatif tepat, yaitu bata ringan. Selain itu ukuran bata ringan lebih besar dan dapat menghemat biaya pembelian.

Bata ringan juga tidak memerlukan adukan perekat tetapi proses pemasangannya cepat. Selain itu stocknya begitu banyak dipasaran sehingga disukai masyarakat dan pekerja kontruksi.

Perbandingan Harga Bata Ringan Dan Bata Merah

Bata ringan tercipta dari para ahli agar pekerjaan sebuah kontruksi menjadi lebih cepat namun hasil tetap maksimal. Material yang terkandung juga mumpuni karena menyerupai beton yang memiliki kekuatan lebih, tentunya tahan pada api dan air karena proses pembuatannya dari pabrik dan menggunakan mesin. Tak heran harga bata ringan terkadang lebih tinggi namun dengan kualitas yang sudah terbukti.

Sejatinya, baik itu bata ringan maupun bata merah mempunyai konsumen tersendiri karena selera masyarakat Indonesia berbeda-beda. Untuk itulah dibawah ini ada perbandingan harga dari keduanya agar menjadi acuan, antara lain:

1. Harga Jual Bata Ringan Ukuran 600 x 200 x 100 mm

Sejatinya, penjual terkadang menawarkan dua ukuran harga bata ringan untuk memudahkan pembeli dan pekerja kontruksi. Yang pertama dengan ukuran 600 x 200 x 100 mm, ukuran tersebut dijual dengan kisaran harga Rp. 13.000 per blok atau sekitar Rp. 1.000.000 per m3. Dengan begitu konsumen dapat berkonsultasi dengan pekerja kontruksi terlebih dahulu sebelum membeli agar pembelian dapat diatur dan dicatat tanpa perlu kurang atau kelebihan.

2. Harga Jual Bata Ringan Ukuran 600 x 200 x 75 mm

Untuk ukuran ke dua adalah 600 x 200 x 75 mm, ukuran tersebut dipatok dengan harga sekitar Rp. 9800 per blok atau setara Rp. 1.080.000. Konsumen dapat menyesuaikan akan membeli ukuran bata ringan berapa agar sesuai dengan kebutuhan bangunan. Usahakan agar membeli sesuai kebutuhan agar budget cukup untuk membeli material pendukung bangunan lainnya.

Baca juga:

3. Harga Bata Merah Pres Mesin

Sementara kisaran harga bata merah untuk pres mesin sekitar Rp. 600 per buahnya. Untuk itu konsumen dapat mengalikan berapa buah untuk proses bangunan. Misalnya membeli 5000 buah agar menyesuaikan dengan bangunan.

4. Harga Bata Merah Proses Tangan

Bata Merah Proses Tangan

Untuk harga bata merah proses tangan sekitar Rp. 350 per buah. Namun kisaran harga tersebut tentu berbeda di setiap daerah, terkadang bahkan ada yang lebih mahal. Tapi yang jelas harga tersebut jauh berbeda dengan harga bata ringan karena kedua jenis bata tersebut memiliki keunggulan masing-masing.

Kenyataannya, bata ringan memang memiliki berat yang ringan namun memerlukan biaya yang lebih mahal. Namun keberadaannya menjadi primadona karena kualitasnya memadai untuk pembangunan berskala besar. Misalnya proyek pabrik, perkantoran dan pembangunan besar lainnya. Kualiatasnya yang seperti beton juga menjadikan bangunan sangat kokoh dan tidak menimbulkan bahaya bagi pekerja.

Ukuran bata ringan yang lebih besar memang membuat proses kontruksi lebih cepat. Selain itu dapat meminimalisir sisa material saat proses pemasangan karena ukurannya yang besar. Bahkan setelah bata ringan dicampur dengan alumunium pasta saat proses pengadukan atau adonan akan membuat beton bata ringan menjadi lebih keras. Alumunium pastanya juga diatur sesuai adonan yang dibuat dan tergantung kepadatan yang diinginkan, setelah itu adonan beton akan dipotong sesuai ukuran.