Ruang Tamu Tidak Nyaman? Hindari 4 Hal Ini!

0 Comments

Daftarhargabangunan.com – Sejatinya rumah memiliki ruang-ruang penting yang harus terjaga kenyamanannya. Mulai dari kamar tidur, dapur dan kamar mandi. Ketiganya adalah ruangan yang tidak boleh terlewat saat Anda merancang sebuah rumah. Namun selain tiga hal tersebut ada satu ruangan lagi yang tidak boleh luput dari perhatian Anda. Yaitu ruang tamu. Ruang tamu saat penting untuk diperhatikan karena saat seseorang datang ke rumah Anda maka pertama kali yang akan menyambut mereka adalah ruang tamu. Untuk itu penting menyiapkan ruang tamu yang nyaman.

Ruang Tamu

Namun seringnya kita menghadapi beberapa kendala dalam merancang ruang tamu. Mulai dari terlalu banyak sekat ruangan, furniture yang terlalu padat sampai minimnya lahan. Sehingga terkadang ruang tamu harus bersaing dengan ruang untuk membuka pintu. Selain sempit hal ini mengakibatkan ruang tamu terasa kurang nyaman. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengganti jenis pintu yang Anda gunakan dengan pintu sliding door aluminium. Dengan demikian, untuk membuka pintu Anda tidak membutuhkan space lebih yang memakan bagian untuk ruang tamu.

Untuk menghindari ruang tamu yang terasa tidak nyaman, berikut ini kami berikan beberapa tips untuk menghadapi kendala pada ruang tamu. Simak ulasannya!

Lighting Yang Cukup

Menjadi elemen penting dari desain interior rumah adalah keberadaan sumber cahaya. Tanpa cahaya, ruangan akan terasa gelap, pengap dan lembab. Pencahayaan bisa berasal dari dua hal, yaitu pencahayaan alami berupa sinar matahari yang masuk melalui jendela dan pencahayaan elektrik yang berupa lampu. Semua area di dalam rumah membutuhkan lampu. Tidak terkecuali ruang tamu. Meski terkadang ruang tamu dilengkapi dengan jendela, tidak berarti jendela saja sudah cukup dijadikan sumber penerangan. Anda tetap membutuhkan lampu agar tetap terang di kala malam. Anda bisa menggunakan beberapa jenis lampu yang tepat agar bisa membangkitkan suasana hangat di ruang tamu. Misalnya dengan menggunakan lampu gantung, lampu tanam berbentuk tube atau pun lampu lantai. Anda juga bisa memanfaatkan sliding door aluminium yang materialnya didominasi oleh kaca. Selain menambah pencahayaan, juga bisa menambah aksen dekorattif ruang tamu Anda.

Hindari Furniture Yang Terlalu Banyak

Ruang tamu kerap dijadikan ruang untuk memajang banyak hal. Mulai dari trofi dan sertifikat penghargaan, elemen dekoratif dari porselen, foto dan guci. Tidak sedikit pula yang meletakkan rak kaca yang besar di ruang tamu.

Boleh-boleh saja melakukan hal-hal seperti di atas. Hanya jika Anda memiliki zona ruang tamu yang cukup luas untuk meletakkan rak besar beserta isinya. Namun tidak berarti Anda bisa meletakkan banyak hal di ruang tamu. Sebab ruang tamu akan terlihat sesak oleh benda-benda yang tidak seharusnya berada di sana. Ingat, ruang tamu bukan galeri atau ruang kerja.

Cukup Anda berikan sofa dengan meja kecil, karpet, lampu sebagai elemen dekoratif serta lukisan untuk mempercantik ruangan. Bila masih memungkinkan Anda bisa menggunakan rak buku dinding dengan bentuk asimetris untuk menambahkan unsur dekoratif. Hal ini jauh lebih baik dibanding meletakkan rak besar di ruang tamu. Jika Anda hendak memajang beberapa hal seperti di atas, Anda bisa menyediakan space lebih yang bisa Anda sekat dengan sliding door. Anda bisa mendapatkan harga sliding door dengan kualitas terbaik.

Jarak Plafon

Untuk mendapatkan ruang tamu yang nyaman Anda juga perlu memperhitungkan ketinggian plafon. Sesuaikan dengan warna cat dan warna furniture yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan warna-warna gelap, maka pastikan plafon Anda lebih tinggi. Hal ini dimaksudkan agar ruang tamu Anda tidak terkesan sempit dan panas. Meski Anda bisa mendapat udara dan cahaya tambahan dengan menggunakan sliding door aluminium, tetap saja ketinggian plafon harus disesuaikan. Juga saat Anda memutuskan menggunakan lampu gantung. Plafon Anda harus memiliki ketinggian yang cukup agar lampu tidak mengganggu.