Tampilan Rapi Dan Personal Dengan Bandul Vertical Blind Custom

0 Comments

Bandul Vertical Blind Custom

Interior ruangan kini tampil lebih modern dengan model lebih sederhana dan fungsional. Seperti bentuk blinds atau kerai yang dapat dibuka-tutup secara vertikal atau horizontal. Materialnya pun variatif jadi bisa memberikan kesan baik modern, industrial atau rustic sekali pun. Fungsinya juga selain sebagai penghalang sinar matahari pada jendela juga sebagai partisi dinding. Dengan adanya tirai jenis ini, maka ruangan jadi tampil lebih rapi dengan penataan pencahayaan yang apik.

Buat Sendiri Bandul Untuk Vertical Blinds

Anda bisa buat dan memilih model dan tipe vertical blind sesuai selera. Bahkan ada penjual yang yang menerima pemesanan custom dengan desain beragam. Anda akan menerima komponen vertical blind yang kemudian dipasang sendiri, dari head rail, sampai bandul sendiri. Berikut adalah cara membuat bandul dengan desain sendiri. Caranya gak terlalu susah, kok.

1. Pilih Jenis Blind

Ada banyak material yang bisa dibuat jadi vertical blind. Dari mulai kayu, metal sampai aluminium. Demikian pula dengan bandulnya harus menyesuaikan dengan material yang dipilih sebagai kerainya. Jadi tampilan bisa senada dan serasi dengan keseluruhan interior.

2. Jenis Tali 

Untuk memilih desain bandul juga harus sesuai dengan jenis talinya. Ada dua jenis tali yang bisa dipilih, yakni tali berbulir dan polos. Yang berbulir dapat mengatur kemiringan blind dan polos buka tutup vertical blind. Di bagian poloslah bandul akan dipasang. Material rantai juga harus sesuai dengan jenis blind yang juga mempengaruhi desain bandulnya.

3. Buat Desain Bandul

Untuk memasang bandul vertical blind custom, perhatikan ketiga bagiannya, yakni:

  • Bagian atas cord condenser yang memiliki lubang tergantung mekanisme blinds yang anda gunakan.
  • Bagian bawah cord condenser dengan hanya satu lubang
  • cord drop atau tassel untuk menarik tali.

4. Pembagian Tali

Pastikan ukuran untuk tali buka dan tutup kerai memiliki panjang yang sama. kemudian pisahkan sebagian bahan untuk tali yang terlepas dari head rail, serta satu lagi tali ukuran untuk bagian operasional.

5. Pilih Bentuk Bandul

Bandul yang dibuat bisa berbentuk bulat, pipih, tabung, vas, gentong dan berbagai bentuk lainnya. Materialnya harus sesuai dengan bahan kerai dan talinya. Bisa berbentuk metal, kayu, besi dan bahan lainnya.

6. Pemasangan Bandul

Masukkan tali yang sudah dipilih pada bagian atas bandul cord condenser. Kemudian, ikat dengan satu simpul. Ambil satu tali penarik yang sudah dipotong sebelumnya. Kemudian, ujung talinya dimasukkan pada lubang cord condenser. Lalu ikat ujungnya dengan kuat daam bentuk simpul supaya tidak bisa terlepas. Gabungkan kedua bagian sehingga membentuk bandul yang sempurna.

Baca juga: BAHAN PENYUSUN GYPSUM DAN PENGGUNAANYA

7. Pemasangan Bandul Dengan Cord

Selesaikan keseluruhan pemasangan dengan memasukkan ujung tali dari cord condenser dengan lubang bandul penarik. Kemudian, dengan kuat ikat simpul di ujung bandul penarik. Dengan demikian bandul terpasang serta terhubung dengan baik pada bagian cord condenser.

8. Pemasangan Blind

Setelah semua bagian tali dan bandul terpasang dengan baik, tinggal digabungkan pada vertical blind. Kemudian buatlah kait yang sesuai dengan jendela yang sudah di ukur sebelumnya. Pemasangan bandul pada vertical blind selesai dan dapat diperiksa mekanisme kelancarannya.

Pembuatan bandul pada vertical blind mempengaruhi fungsi kerjanya. Oleh karena itu, harus dikerjakan dengan tepat. Selain itu, Anda dapat memilih jenis bandul sesuai selera dan mempercantik tampilan vertical blind. Jadi, jendela, partisi dinding gypsum atau bahkan sekat ruangan dapat menggunakan kreasi blind yang dibuat sendiri.