Ternyata Ini Bahan – Bahan yang Sering Dipakai dalam Pembuatan Karpet

0 Comments

Karpet merupakan salah satu aksesoris yang sering sekali dipakai dalam mempercantik interior rumah. Beraneka macam motif ditawarkan untuk menarik para pembeli, harganya pun juga dibandrol dengan berbagai variasi tergantung jenis bahan pembuatannya. Contohnya  karpet jenis tile yang dibandrol dengan harga Rp. 100.000 per lembarnya,  namun ada juga yang jual karpet tile murah yang hanya dibandrol Rp. 30.000 per lembar untuk ukuran 50 cm x 50 cm. Mungkin sebagian orang belum mengetahui secara detail tentang bahan-bahan yang sering dipakai dalam pembuatan karpet. Yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Bahan Pembuatan Karpet

Jenis Bahan Dasar Pembuatan Karpet

Masih bingung bahan apa saja yang bisa dibuat sebagai bahan dasar karpet? Nah, inilah jenis – jenis bahannya.

  • Karpet Berbahan Wool

Wool merupakan bahan yang terbuat dari bulu kambing, domba atau alpaka. Benang yang dihasilkan dari bulu – bulu tersebut juga dipercaya memiliki kualitas tinggi dibandingkan dengan bahan yang sintetis. Karpet berbahan wool dianggap tidak cepat pudar, tahan terhadap air, api dan tidak mudah terkena noda.

  • Karpet Berbahan Kapas

Untuk karpet berbahan kapas biasanya terbuat dari campuran kapas dan katun atau wool untuk menghasilkan karpet yang lembut. Tingkat penyerapan pada warna untuk bahan kapas sangat baik, sehingga bisa menghasilkan warna yang bervariasi. Selain itu, bahan ini jika dibuat sebagai bahan dasar karpet juga akan menghasilkan karpet dengan tingkat kekuatan cukup baik serta tahan lama.

  • Karpet Berbahan  Produk Tanaman

Berbagai produk tanaman ternyata juga bisa dipakai sebagai bahan pembuatan karpet. Contoh yang pertama adalah serat sisal yang berasal dari daun Sisalana Agave yang memiliki serat yang halus dan kelebihan lainnya serat ini dapat dipakai untuk peredam suara serta tahan api. Produk tanaman lainnya yaitu rumput laut atau lamun sangat cocok dipakai sebagai bahan karpet karena tahan lama dan bertekstur halus.

  • Karpet Berbahan Sutera

Sutera merupakan serat alami yang memiliki kualitas tinggi dan biasa dipakai sebagai bahan pembuatan karpet. Kesan mewah dan elegan juga dipancarkan dari karpet dengan bahan sutera ini. Akan tetapi, jika Anda ingin membeli karpet sutera berarti harus siap dalam perawatannya, karena karpet berbahan ini membutuhkan perawatan yang ekstra.

Baca juga: RAK DEKORATIF, SENTUHAN CANTIK DI AREA DAPUR

  • Karpet Berbahan Nylon

Nylon merupakan salah satu bahan karpet yang paling populer dan banyak dipakai sebagai bahan penghias lantai. Karpet berbahan nylon memiliki daya tahan cukup kuat, itulah sebabnya nylon menjadi pilihan yang banyak diminati sebagai bahan karpet untuk mempercantik lantai.

Macam-macam jenis karpet yang dibuat dari bahan yang sudah disebutkan di atas yaitu seperti karpet tile dan karpet roll. Karpet persegi atau dikenal dengan nama karpet tile merupakan karpet lantai yang memiliki ukuran 60 cm x 60 cm atau 50 cm x 50 cm. Sedangkan karpet roll merupakan karpet berbentuk gulungan dengan ukuran 4 meter x 2 meter tergantung kebutuhan. Toko yang jual karpet tile murah juga sudah semakin banyak bermunculan, biasanya karpet jenis ini dipakai untuk lantai hotel, kantor, atau apartemen. Alam pemasangannya karpet tile dipasang dengan cara dilem satu persatu diatas lantai, supaya dapat merekat dengan lebih kuat.

Dengan semakin banyaknya bahan karpet yang dijual di pasaran membuat masyarakat bisa lebih leluasa dalam memilih karpet yang mereka inginkan sesuai dengan budget. Untuk mendapatkan toko yang jual karpet tileAnda bisa mencarinya secara online maupun offline dengan beragam variasi harga yang ditawarkan tergantung kualitasnya.